Benchmarking dan Inisiasi Kerjasama antara Prodi Biologi Universitas Bangka Belitung dengan Departem

SHARE

Pada tanggal 6 – 7 November 2023, delegasi Universitas Bangka Belitung yaitu Dekan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi Riwan Kusmiadi, S.TP, M.Si dan Ketua Prodi Biologi UBB Dr. Rahmad Lingga, M.Si. melaksanakan kunjungan dalam rangka benchmarking dan inisiasi kerjasama ke Departemen Biologi Universiti Malaya. Kerjasama ini sebagai langkah awal terjalinnya kerjasama dengan mitra kelas dunia serta untuk meraih predikat akreditasi unggul. Dengan terjalinnya kerjasama ini, dapat pula meningkatkan image dari Prodi Biologi di dunia internasional.

Kegiatan diawali dengan  pertemuan antara delegasi UBB dengan Ketua Departemen Biologi UM Prof. Muhammad Suffian bin Muhammad Annuar beserta jajarannya antara lain Prof. Rusli, Dr. Nurul, Dr. dll. Dalam pertemuan tersebut disepakati kesepahaman dan kesediaan untuk saling bekerjasama antara kedua institusi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi.

Delegasi UBB mendapat kesempatan untuk melakukan visitasi ke sarana prasarana Pendidikan di UM. Beberapa sarana yang dikunjungi diantaranya adalah laboratorium di Departemen Biologi UM yang berjumlah sebanyak 97 unit, Museum Zoologi dan Herbarium yang cukup lengkap, hutan Pendidikan “Rimba Ilmu” sebagai sarana praktikum dan penelitian serta Research Field Station di Ulu Gombak. Selama kunjungan ke sarana prasarana tersebut, delegasi UBB juga berkesempatan berdiskusi dengan staf laboratorium, asisten dan mahasiswa magang yang terdiri dari mahasiswa lokal dan luar negeri diantaranya dari Indonesia dan India.

Pada pertemuan berikutnya, Dekan Fakultas Sains UM Prof. Zulqarnain Mohamed (sekaligus juga dosen Departemen Biologi UM) menjalin kesepahaman dengan delegasi UBB untuk menjalin kerjasama antara FS UM dengan FPPB UBB yang menurut kebiasaan di UM dilakukan nota kesepahaman di tingkat Universitas.

Beberapa kegiatan yang direncanakan dalam kerjasama ini adalah praktisi mengajar, visiting lecturer, pertukaran pelajar, joint research and publication serta world class professorship. Salah satu hal yang menjadi daya tarik UBB adalah kondisi geografis Bangka Belitung yang merupakan daerah tambang dan kelautan (pulau-pulau kecil), yang mana hal tersebut menjadi potensi besar untuk eksplorasi kekayaan hayati oleh kedua belah pihak.